Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Posisi Nomor Halaman Atas Bawah di Word

Berikut merupakan tutorial bagaimana cara membuat format posisi atau letak nomor halaman yang berada pada bagian atas dan bawah halaman di satu file dokumen Microsoft Word. 

Format penomoran seperti ini biasanya digunakan untuk membuat suatu file dokumen seperti laporan resmi, KKW (Kertas Kerja Wajib), maupun skripsi. Sehingga bagi siapapun yang mempunyai tugas baik sekolah, kampus, maupun kantor wajib hukumnya untuk mengetahui cara ini. Karena pasti akan digunakan demi kelancaran tugas Anda.

Letak nomor halaman biasanya berada pada posisi tengah bagian bawah (Footer) untuk halaman pertama di setiap awalan BAB (CHAPTER) baru. Baru kemudian berada pada posisi sudut kanan bagian atas halaman (Header) untuk halaman berikutnya. Ini dikarenakan agar memudahkan pembacaan karena si setiap awalan bab terdapat judul yang ukuran fontnya besar sehingga nomor diletakkan di bawah.

Pasti dari Anda pernah menggunakan Microsoft Office Word bukan? Entah itu dari versi 2003, 2007, 2010, 2013, 2015, sampai yang terbaru 2019. Saat menghadapi masalah seperti ini biasanya cara mudah yang dilakukan adalah membuat dua dokumen dengan letak nomor yang berbeda.

Tapi cara tersebut tidak efisien dan ribet. Sedangkan Microsoft Word sendiri telah menyediakan fitur Section Break serta Different First Page untuk mempermudah permasalahan seperti ini. Dengan begitu Anda tidak perlu membuatnya menjadi dua dokumen untuk menjadikan posisi nomor halaman berbeda atas bawah. Okeey... kalau begitu langsung saja silahkan ikuti tutorial di bawah ini. Kami sarankan dibarengi dengan praktek ya agar efisien :)

Cara Membuat Posisi Nomor Halaman Berbeda di Atas dan Bawah.

Langkah-langkah :
  1. Buka Dokumen Microsoft Word.
  2. Klik 2 Kali pada bagian Header atau Footer untuk menampilkan Header & Footer Tools.
    Cara membuat nomor halaman atas bawah di word
  3. Pada ribbon tab Design di grup Options, Centang perintah Different First Page.
    Cara meletakkan nomor halaman atas bawah di word
  4. Pilih atau klik Footer pada halaman BAB I.
  5. Di grup Header & Footer klik Page Number.
  6. Klik Bottom of Page, pilih Plain Number 2.
    Cara meletakkan nomor halaman bagian atas dan bawah di word
  7. Kemudian klik Header pada halaman berikutnya.
  8. Di grup Header & Footer klik Page Number.
  9. Klik Top of Page, pilih Plain Number 3.
    Cara membuat nomor halaman bagian atas dan bawah di word
  10. Selanjutnya untuk memisahkan BAB I dan II kita perlu membuat section baru dengan cara klik bagian paling awal dari BAB II.
    cara membuat nomor halaman pertama di bawah dan halaman berikutnya di atas
  11. Pada ribbon tab Layout di grup Page Setup klik perintah Breaks.
  12. Klik perintah Next Page.
    langkah membuat nomor halaman pertama di bawah dan halaman berikutnya di atas di word
  13. Dapat dilihat penomoran di halaman BAB II berubah menjadi awal "1" dan Anda dapat kembali membuat posisi nomor atas bawah dengan mengikuti langkah 2 - 9.
  14. Untuk memisahkan bab-bab atau chapter lainnya dapat mengikuti langkah 10 - 12.

Tips Tambahan Membuat Posisi Nomor Berbeda

Dengan mengatur section break Anda dapat memisahkan berbagai format di satu file dokumen. Pintar-pintarnya Anda dalam mengkombinasikannya. Jika Anda gagal, ulangi kembali dengan mengundo dan lakukan langkah-langkah di atas secara perlahan.

Beginilah Cara membuat posisi nomor halaman berbeda atas dan bawah di word. Silahkan like dan share jika bermanfaat agar lebih banyak orang yang terbantu oleh artikel ini. Jika ada pertanyaan, kolom komentar selalu terbuka untuk Anda.

Post a comment for "Cara Membuat Posisi Nomor Halaman Atas Bawah di Word"

Berlangganan via Email