Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Isi yang Rapi (Otomatis dan Manual) di Word

Ini merupakan tutorial bagi Anda yang sedang menulis laporan, skripsi, atau buku untuk mengetahui bagaimana cara membuat daftar isi yang rapi secara otomatis maupun manual di Word. Hal ini dikarenakan daftar isi (table of content) merupakan bagian wajib yang harus ada sebagai informasi mengenai halaman dari pokok bahasan buku. Sehingga mudah dan cepat untuk mencari topik-topik bahasan yang langsung ingin dibaca.

Memang untuk buku biasanya telah terdapat sinopsis dibagian belakang dan artikel karya ilmiah di bagian depan. Tetapi daftar isi dapat menunjukkan kita untuk menjawab rasa penasaran kita terhadap topik tententu dari isi buku yang dibaca dengan langsung menuju halaman yang ditampilkan.

Format bentuk daftar isi unik dan berbeda dari bagian-bagian lain dengan judul topik di bagian kiri yang dihubungkan garis titik-titik dengan nomor halaman. Merupakan salah satu bagian struktur penting dari suatu karya yang harus teliti dalam membuatnya sehingga tidak memberikan informasi halaman yang salah.

Inilah yang terkadang susah dan sedikit ribet untuk membuatnya. Bagi mahasiswa sendiri mengetik daftar isi merupakan suatu hal yang menyebalkan saat akan menyelesaikan suatu artikel. Selain dari menuliskan daftar pustaka yang penuh aturan juga. Tak jarang juga hasil yang dibuat tidak rapi dan tidak beraturan karena tidak simetris jika belum paham langkah membuatnya.
langkah membuat daftar isi di word
Jika Anda membayangkan membuat daftar isi seperti gambar di atas dengan mengetikkan simbol tanda titik berkali-kali melalui keyboard. Tenang saja, karena di Microsoft Word sendiri yang merupakan program pengolah kata terbaik saat ini, telah terdapat fitur-fitur pendukung yang tentunya akan memudahkan kita.

Ada dua jenis cara dalam pembuatan daftar isi di Microsoft Word :
  • Pertama adalah Otomatis. Ini merupakan cara yang susah diawal tapi mudah dan enak dibelakang. Cara ini lebih sulit dan ribet daripada cara kedua karena banyak pengaturannya, Tetapi di balik itu semua jika daftar isi sudah terbuat, nomor halaman dapat langsung otomatis muncul di daftar isi tanpa perlu scroll atas bawah berkali-kali. Jika terdapat perubahan pada tulisan yang menjadikan halaman juga berubah, nomor halaman juga akan otomatis berubah. Saya lebih sarankan untuk memakai cara pertama ini saat awal mula artikel akan dibuat dan tidak disarankan jika artikel telah terbentuk karena dapat menghapus fitur numbering sehingga perlu ditambahkan ulang.
  • Kedua adalah Manual. Ini merupakan cara yang mudah untuk dibuat, tetapi kurangnya yaitu Anda perlu berulang kali scroll atas bawah untuk mencari dan mengetikkan halaman di daftar pustaka. Apalagi jika jumlah judul dan sub bab yang ditambahkan ke dalam daftar isi dan jumlah halaman artikel juga banyak.
Pasti saya yakin Anda semua sudah cukup berpengalaman dalam menggunakan Microsoft Word. Tapi untuk urusan satu ini pasti Anda bingung, bukan karena tidak bisa, tetapi karena tidak mengetahui fitur apa dan di mana fitur tersebut berada pada toolbar ribbon dengan berbagai banyak menu di bagian atas Microsoft Word.

Pada artikel ini saya telah merangkum tutorial bagaimana cara mudah membuat daftar isi dengan menggunakan tools di Microsoft Word secara otomatis maupun manual. Lengkap dengan gambar proses pembuatannya. Silahkan ikuti tutorial di bawah ini dengan cermat dan kalau bisa dilakukan dengan praktek di waktu yang sama agar lebih efisien.

Lihat daftar isi di bawah untuk mengetahui list urutan tutorial.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

tutorial yang pertama secara otomatis. Langkah ini dapat menuliskan daftar isi dengan cepat dan sangat efisien. Apalagi jika kita nantinya melakukan perubahan baik itu yang mengakibatkan berkurangnya halaman atau bertambahnya halaman.

Karena Daftar isi yang dibuat secara otomatis ini akan dapat diperbarui (update) mengikuti perubahan hanya dengan beberapa perintah saja. Sehingga kita tidak perlu pusing-pusing lagi mencatat dan mengganti nomor halaman pada daftar isi dengan kondisi halaman dokumen yang baru.

Untuk proses singkatnya kira-kira hanya perlu menggunakan 2 langkah saja. Langkah pertama Anda perlu untuk menandari topik judul serta sub judul yang nantinya ingin Anda masukkan ke dalam daftar isi.

Sedangkan langkah keduanya adalah mengaktifkan fitur di Microsoft Word untuk menuliskan judul dan sub judul tadi yang telah ditandai ke dalam halaman khusus daftar isi secara otomatis. Mudah bukan, Okey... kita langsung saja ke tutorialnya.

#1. Buka Dokumen di Microsoft Word

Langkah pertama yang sudah pasti Anda harus membuka dokumen yang dibuat menggunakan software Microsoft Office Word. Jika Anda belum membuatnya, Anda juga dapat membuat terlebih dahulu daftar isi dengan hanya mencantumkan judul bab serta sub babnya karena nanti juga dapat disesuaikan dengan mudah. Pastikan Anda telah memberi nomor halaman pada dokumen terlebih dahulu.

#2. Menerapkan Heading

Langkah kedua adalah mengkonfigurasi judul bab, sub bab, serta anak dari sub bab dengan Heading. Beri style heading ke bagian yang ingin muncul di daftar isi. Judul bab menggunakan Heading 1, sub bab menggunakan Heading 2, anak sub bab menggunakan Heading 3. Berikut merupakan cara untuk menerapkan heading pada teks.

Langkah Menerapkan dan Mengatur Heading :
  1. Blok teks yang akan diberi Heading.
  2. Klik ribbon tab Home.
  3. DI sebelah kanan pada grup Styles, klik kanan jenis Heading sesuai kebutuhan.
  4. Klik Modify.
    cara membuat daftar isi di word
  5. Ubah model teks sesuai keinginan termasuk nama, font, dll.
    cara membuat daftar isi otomatis di word
  6. Klik OK.
  7. Klik lagi Heading yang telah diedit tadi.
  8. Lakukan disemua Judul Bab yang harus diberi heading yang sama.
Terapkan hal yang sama pada sub bab dan anak sub bab menggunakan Heading 2 dan Heading 3. Jika Anda ternyata mempunyai bagian yang ingin ditampilkan pada daftar isi sedangkan Heading yang disediakan hanya ada tiga. Anda dapat menambah model Heading lagi dengan mengikuti langkah berikut ini. (Perhatian : Menambahkan Heading akan menghapus pengaturan numbering sehingga perlu ditambahkan kembali)

Langkah Menambah Model Heading :
  1. Blok teks yang akan diberi Heading.
  2. Klik ribbon tab Home.
  3. Pada grup Styles, terlebih dahulu gunakan Heading 3.
  4. kemudian nanti otomatis di sebelahnya akan muncul model Heading 4.
  5. Baru anda klik model Heading 4.
  6. Lakukan juga untuk Heading 5 dan seterusnya sampai maksimal Heading 9.
Atur Heading yang baru dengan mengaturnya menggunakan klik kanan dan modify agar sesuai dengan ukuran dan jenis font di dokumen Anda.

#3 Menampilkan Daftar isi Berdasarkan Heading.

Setelah semuanya siap, ini merupakan langkah terakhir yang sangat simpel. Dengan fitur Table of Contents Anda dapat menampilkan seluruh Heading yang tadi telah diterapkan pada judul, sub bab, anak bab, dll dalam bentuk daftar isi yang rapi.

Langkah Menampilkan Daftar Isi Otomatis :
  1. Buat halaman kosong khusus untuk menempatkan daftar isi.
  2. Letakkan (klik) kursor pada halaman tersebut.
  3. Klik ribbon tab References.
  4. Di sebelah kiri klik Table of Contents.
  5. Pilih dan klik Custom Table of Contents.
    langkah membuat daftar isi otomatis di word
  6. Maka akan muncul tampilan kotak dialog Table of Contents seperti gambar di bawah.
    langkah membuat daftar isi otomatis di microsoft word
  7. Lakukan pengaturan dan modifikasi terhadap perintah di kotak dialog Table of Contents untuk mendapat model daftar isi seperti apa yang Anda inginkan.
  8. Klik OK.

#4 Mengedit, Menghapus, dan Mengupdate Daftar Isi Otomatis

Okey... Jika daftar isi telah selesai Anda buat secara otomatis, sekarang menjadi lebih mudah untuk mengaturnnya dan tidak perlu takut untuk menambahkan suatu artikel ataupun menghapus suatu bagian dari dokumen.

Untuk cara mengeditnya sendiri dapat dilakukan secara manual dengan mengarahkan kursor dan mengklik pada bagian kotak area daftar isi baik itu bentuknya maupun teksnya (font, warna, ukuran, dll) secara manual.

Untuk cara menghapus daftar isi dapat dilakukan dengan memblok keseluruhan dari kotak area Table of Contents dan menekan tombol delete di keyboard. Atau juga Anda dapat mengklik Remove Table of Contents pada fiturnya di ribbon tab References.

Jika Anda melakukan perubahan terhadap dokumen baik itu menambahkan maupun mengurangi tulisan sehingga halaman berubah. Merubah Judul, Sub Bab, Anak Sub Bab menjadi tulisan yang baru. Ataupun Menambahkan Heading baru Anda cukup mengklik Update Table pada grup Table of Contents di ribbon tab References.
cara membuat daftar isi otomatis di microsoft word

Cara Membuat Daftar isi Manual di Microsoft Word

Jika Anda merasa susah dan kesulitan jika dilakukan secara otomatis, Anda dapat mencoba cara yang manual. Berbeda dengan cara otomatis, cara manual ini tidak perlu menerapkan jenis heading dan mengaturnya. Tetapi bagian yang susahnya adalah mencari dan mengetikkan nomer halaman di dalam daftar isi.

Sebenarnya ini tidak sepenuhnya manual karena titik-titik yang ditambahkan ke dalam daftar isi dibuat secara otomatis agar mendapat rentang jara yang sama setiap barisnya. Sehingga dapat terlihat rapi dan tidak berantakan. Bayangkan bagaimana jika titik-titik tersebut ditambahkan manual, pasti akan sulit dan tidak mungkin sama ukuran setiap barisnya.

Langkah-langkah :
  1. Buka Dokumen di Microsoft Office Word.
  2. Aktifkan Ruler pada grup Show di ribbon tab View.
    membuat daftar isi otomatis di microsoft word
  3. Buat halaman khusus untuk daftar isi.
  4. Ketik Judul, Sub Bab, dan Anak Sub Bab secara bertingkat seperti gambar berikutnya.
  5. Blok seluruh Judul, Sub Bab, dan Anak Sub Bab.
    membuat daftar isi manual di microsoft word
  6. Klik ribbon tab Home.
  7. Klik tanda panah serong bawah pada grup Paragraph.
    cara membuat daftar isi manual di microsoft word
  8. Maka akan muncul kotak dialog Paragraph, kemudian klik tombol Tabs.
    langkah membuat daftar isi manual di word
  9. Isikan 15 pada Tab stop position, atur Alignment menjadi left, ubah leader menjadi style nomor 2, Klik OK.
    cara membuat daftar isi manual di word
  10. Klik akhir kata dari Judul dll lalu pencet tombol Tab di Keyboard.
    membuat daftar isi otomatis manual di word
  11. Gunakan tanda seperti huruf "L" pada Ruler untuk mengatur ukuran garis titik-titik.
    cara membuat daftar isi otomatis manual di word
  12. Ketik nomor halaman di akhir garis titik-titik sesuai dengan posisi Judul dll.
Daftar isi telah selesai dibuat. Cara manual ini dapat dilakukan setelah artikel selesai dibuat tanpa mempengaruhi format dari artikel yang lainnya sehingga lebih simpel daripada cara yang otomatis. Tetapi jika ada perubahan di Artikel yang mengakibatkan bergesernya halaman, Anda harus mengubah kembali nomor halaman di daftar isi secara manual.

Mengapa Harus Menggunakan Daftar Isi ?

Berikut merupakan rangkuman alasan mengapa perlu untuk terdapat daftar isi pada suatu artikel, buku, atau yang lainnya dengan baik dan benar :
  • Sebagai kerangka penulisan yang baik. Dengan adanya daftar isi menjadikan seorang penulis mempunyai gambaran serta panduan menulis sebagai kerangka penulisan yang dapat dikembangkan.
  • Memberikan struktur poin-poin penting. Dengan poin-poin penting yang telah dijabarkan membantu pembaca mencari informasi yang tepat dengan lebih cepat. Terutama dalam artikel atau buku yang memuat pengetahuan berupa informasi.

Seperti itulah cara membuat daftar isi yang rapi secara otomatis dan manual di Microsoft Office Word. Silahkan like dan share jika bermanfaat agar lebih banyak orang yang terbantu oleh artikel ini. Jika ada pertanyaan, kolom komentar selalu terbuka untuk Anda.

Post a comment for "Cara Membuat Daftar Isi yang Rapi (Otomatis dan Manual) di Word"

Berlangganan via Email